PERAGAAN DALAM

Mini Teater (Lantai Dasar Gedung Utama):


Memutar film-film animasi yang mudah dipahami anak-anak seperti "Asal mula minyak bumi", "Aku juga berasal dari minyak", film dokumenter kegiatan perminyakan dan film umum.


Ruang Peran (Lantai Dasar Gedung Utama):


Peragaan-peragaan dalam ruang ini menggambarkan betapa pentingnya peran Migas sebagai sumber energi, penghasil BBM dan non-BBM serta produk-produk petrokimia. Sebatang pohon minyak secara simbolis menampilkan pada cabang-cabangnya berbagai jenis produk yang dihasilkan melalui proses pengolahan Migas.



Ruang Sejarah (Lantai Bawah Gedung Utama):


Mengajak anda menelusuri sejarah pemanfaatan minyak bumi pada zaman prakomersial, kegigihan para perintis di bidang perminyakan, perkembangan usaha perminyakan mulai zaman Hindia Belanda, Penjajahan Jepang, Masa Pembenahan, hingga Pelita V, serta perkiraan peran gas bumi di masa depan.

Diorama Peradaban Manusia:


Diorama ini terdapat di tengah-tengah Gedung Utama sepanjang ram menuju ke Anjungan Kegiatan Hulu. Diorama ini menggambarkan betapa pesatnya perkembangan peradaban manusia setelah ditemukan minyak bumi. Sebaliknya di sini juga diperingatkan akan malapetaka yang akan dihadapi umat manusia, bila penggunaan migas tidak mengindahkan kelestarian lingkungan.

Anjungan Kegiatan Hulu (sebelumnya disebut sebagai Anjungan Eksplorasi):


Anjungan ini terdapat di sisi kanan Gedung Utama, dan berbentuk tangki timbun minyak. Di sini diperagakan sejarah pergeseran bumi, terjadinya fosil, asal terjadinya migas, teknologi pencarian cadangan minyak, cara pengeboran sumur serta cara memproduksinya.

 

Ram menuju Anjungan Kegiatan Hulu (sebelumnya disebut Anjungan Proses Aplikasi dan Dampak):


Di sini para filatelis dapat menikmati contoh-contoh perangko yang dikeluarkan untuk memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam dunia perminyakan di Indonesia.